Rabu, 02 November 2016

02.01
Siapakah Psikolog Itu ?


psikolog adalah seorang sarjana yang telah menempuh pelajaran program akademik yang melanjutkan pada program profesi psikolog.yang artinya sebelum menjadi seorang psikolog tentunya harus menempuh beberapa tingkat pelajaran yang harus di jalani,karena psikolog sendiri merupakan suatu ilmu mengenai sifat sikap atau perilaku manusia.



Psikolog di tuntut untuk bisa membaca atau menganalisa sifat,sikap dan tingkah laku manusia untuk memahami  karakter individu maupun kelompok.
Contoh sederhananya seorang dokter yang dekat dengan masalah kesehatan fisik, maka segala hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia merupakan hal yang dipelajari oleh seorang dokter,dari jenis-jenis penyakit,cara pencegahandan penyembuhan dan lain sebagainya.

Perilaku yang menjadi perhatian khusus dari seorang psikolog tidak pernah lepas dari tiga aspek, yaitu pikiran, perasaan, dan juga tingkah laku. psikolog akan berusaha memahami tentang bagaimana cara manusia berpikir, bagaimana perasaannya dan bagaimana pula orang tersebut menunjukkan perilaku di saat menghadapi masalah atau situasi tertentu,dari pemahaman tersebut maka seorang psikolog akan dapat mencarikan jalan keluar dari permasalahan-permasalahan yang ada.

Sebagai contoh,jika seorang anak balita berjenis kelamin laki-laki sering membuat orang tuanya pusing Karena sang anak sangat nakal dan sering mengganggu teman-teman sebayanya.dan orang tuanyapun tidak hanya diam,orang tua juga sering menasehati dengan lembut bahkan dengan cara kasar,memarahi atau bahkan sampai memukul si anak,tapi si anak tersebut tidak ada perubahan pada kenakalannya tersebut.

Dari kasus di atas seorang psikolog Dengan bekal pendidikan dan pengalaman dalam menangani kasus-kasus yang serupa akan dapat menjelaskan mengapa si anak  tersebut berperilaku tidak seperti yang diharapkan oleh orang tuanya,
selain itu seorang psikolog dapat memahami mengapa orang tua dapat bersikap marah atau menghukum si anak atas perilakunya itu. dan seorang psikolog biasanya memberikan gambaran mengenai perilaku anak dalam usia perkembangannya serta memberikan tips atau cara untuk si orang tua dalam menghadapi perilaku anaknya tersebut.

Walaupun demikian perlu diingat bahwa seorang psikolog bukanlah seorang yang  ahli dalam memecahkan setiap masalah, dia adalah seseorang yang memiliki bekal pendidikan yang mempelajari sifat,sikap dan tingkah laku manusia sehingga dia mampu melihat masalah dari sisi atau sudut pandang yang lain atau cara pandang yang beda dengan orang lain yang tidak mempelajari tentang psikologi.

Namun di masyarakat menengah kebawah pada umumnya masih banyak yang menganggab bahwa seorang psikolog adalah paranormal seperti dukun-dukun atau peramal,bahkan tidak jarang pula seorang psikolog di anggap sebagai seorang dokter jiwa yang bisa menyembuhkan orang yang memiliki gangguan jiwa atau orang gila(stres) dan lainnya.

Mereka menganggap demikian Karena seorang psikolog biasanya juga mampu mencarikan jalan keluar untuk orang-orang yang jiwanya terganggu baik Karena stress ataupun Karena masalah-masalah lainnya.Akibat dari penilaian yang salah tentang psikolog inilah yang menyebabkan sebagian orang menjadi enggan bahkan takut datang ke psikolog disaat mereka menghadapi sebuah masalah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, peran psikolog adalah membantu memahami perilaku manusia, apapun bentuk perilaku itu, jadi tidak hanya sebatas masalah kejiwaan saja. Justru bila hal tersebut berkaitan dengan masalah kejiwaan, profesi yang dinilai lebih ahli adalah psikiater (sebutan untuk dokter yang mengambil spesialisasi kejiwaan).

Tugas seorang psikolog tergantung tempat dimana dia bekerja atau bertugas.
Contoh  psikolog,
Psikolog klinis,psikolog ini biasanya dia bekerja disebuah rumah sakit,baik rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, puskesmas, atau membuka praktek sendiri sama seperti seorang dokter yang bekerja di berbagai tempat.

Peran psikolog klinis ini adalah melakukan upaya penyembuhan atau pencegahan terhadap munculnya atau tanda tanda gangguan kejiwaaan seseorang. Selain itu dia akan membentuk perilaku sehat orang tersebut dan meningkatkan perkembangan jiwa dan kualitas hidup individu ataupun secara kelompok.

Kasus-kasus yang di hadapi psikolog biasanya seputar masalah-masalah kecemasan, tidak percaya diri, kenakalan remaja, cara membentuk keluarga yang bahagia dan harmonis, atau masalah anak seperti yang dijelaskan sebelumnya juga.

Selain itu ada pula psikolog industri organisasi.psikolog ini memiliki keahlian dalam hal industri/organisasi dimana biasanya mereka bertugas pada divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dari suatu perusahaan.

Peran psikolog industry organisasi ini adalah melakukan proses rekruitmen karyawan, mengembangkan sumber daya perusahaan, merancang dan mengevaluasi sistem kebijakan perusahaan, hingga melakukan proses evaluasi kinerja karyawan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan.

Psikolog lainnya adalah psikolog pendidikan, psikolog ini biasanya ditempatkan di tempat-tempat yang berbasic pendidikan seperti sekolah-sekolah umum ataupun swasta dari berbagai jenjang. Psikolog pendidikan ikut dalam merancang kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan usia perkembangan anak.dia akan memonitor perilaku anak didik di lingkungan sekolah, keluarga ataupun masyarakat melalui komunikasi dua arah dengan orang tua si anak/pelajar.

Cara kerja psikolog sebenarnya sederhana,yaitu mengajak klien berbicara untuk mengetahui karakter pasien tersebut,yang juga biasa disebut dengan konsultasi,
Misal Seseorang datang menemui psikolog,lalu orang tersebut mencurahkan masalah yang sedang dia hadapi,seorang psikolog akan mendengarkan untuk melihat dan memahami keadaan psikologi klien dan akan bersama-sama diupayakan mencari jalan keluar atas masalah yang sedang di hadapi pasien tersebut.

Seorang psikolog akan membaca dari segala sisi untuk memahami permasalahan yang sedang di hadapi kliennya baik dari sisi psikologi,lingkungan dan lain sebagainya.
Selain itu, seorang psikolog terkadang menggunakan berbagai alat tes (misalnya tes IQ) dalam rangka melengkapi data tentang pasien juga untuk memperdalam pemahamannya tentang psikologi pasien tersebut.

Cara kerja lain psikolog adalah melalui pemberian penyuluhan atau seminar pada masyarakat. Dalam setting klinis misalnya.
Metode ini sering dilakukan psikolog yang akan bekerja sama dengan para dokter, maupun pihak lain yang berhubungan dengan masalah peningkatan kesehatan masyarakat.
Contohnya adalah seperti penyuluhan tentang penyakit AIDS, narkoba, dan lain-lain,yang semua akan di bahas dalam penyuluhan tersebut,dari sebab,akibat dan cara mencegahnya dan lain-lain.

Dilain sisi seorang psikolog juga akan memberikan motivasi untuk pasien dalam menghadapi sebuah permasalahan,mencoba memberikan semangat untuk menghindari keputus asaan mereka.


Ini adalah sedikit penjelasan tentang siapakah psikolog itu,bagaimana mereka bekerja dan lainnya,jadi kita tidak perlu takut untuk menemui mereka guna meminta pendapat ataupun jalan keluar dari masalah-masalah yang sedang kita hadapi.


0 komentar:

Posting Komentar

About

blog ini di buat untuk menggugah hati kita agar selalu bisa mengintrospeksi diri